Sudah Tahu Belum Apa Penyebab Komedo? Tak banyak orang yang tahu bagaimana bisa komedo tersebut muncul pada kulit wajah. Pada dasarnya komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori kulit yang biasanya berwarna kehitaman dan terkadang berwarna putih kacang. Komedo pada kulit wajah biasanya banyak ditemui di bagian hidung maupun sekitar dahi dekat alis.

Komedo yang menempel pada kulit wajah akan menyebabkan wajah terlihat kusam. Namun, penyebab utama komedo adalah adanya penumpukan minyak yang berlebih serta penumpukan sel-sel kulit mati pada wajah.

Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo whitehead serta komedo blackhead. Komedo whitehead merupakan komedo yang sering ditemui di atas pori-pori yang tersumbat dan terlihat seperti tonjolan berwarna putih di bawah kulit. Sedangkan komedo blackhead adalah komedo yang berwarna hitam dan membesar di pori-pori kulit dan teroksidasi dengan udara luar. cara menghilangkan komedo

Munculnya komedo tersebut dapat diperparah dengan pemakaian make up yang berlebih maupun pelembab. Komedo pada wajah juga dapat dipengaruhi oleh paparan sinar matahari langsung pada kulit wajah.

Apa Penyebab Komedo dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Perlu diketahui bahwa komedo berbeda dengan jerawat. Komedo merupakan cikal bakal terjadinya jerawat. Komedo yang mengalami infeksi akan berkembang menjadi jerawat pada wajah. Jerawat bisa mengalami peradangan tetapi komedo tidak. Munculnya komedo harus dapat dicegah dengan baik, untuk itu kita harus paham apa penyebab komedo tersebut.

Kehadiran komedo tentu sangat mengganggu penampilan karena terlihat jelas pada wajah terutama bagian hidung. Sebab itu, komedo pada hidung sering disebut dengan hidung landak karena ada bintik hitam.

Cara Menghindari dan Mengatasi Apa Penyebab Komedo

Kebanyakan orang yang memiliki komedo akan memencetnya agar hilang dari wajah. Sebaiknya hal ini dihindari karena malah akan menyebabkan komedo masuk ke dalam pori-pori wajah dan memicu terjadinya iritasi kulit. Sangat disarankan untuk menghilangkan komedo dengan cara mencabutnya menggunakan pinset.

Komedo dapat dihindari kehadirannya dengan cara memperbanyak minum air putih untuk dapat mengimbangi kadar minyak pada kulit dan mencegah sel-sel kulit mati.

Komedo dapat diatasi dengan cara memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyaklah makan sayuran maupun buah karena banyak mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, rajinlah untuk merawat wajah dengan cara melakukan masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori.

Gunakan bahan-bahan alami agar menghindari efek samping pada wajah seperti madu, buah, maupun minyak almond yang dapat menutrisi kulit wajah. Paling utama adalah mengetahui terlebih dahulu apa penyebab komedo agar tidak datang kembali.

Kategori: Beauty